EVENT PROMOSI LUAR DAERAH PAMERAN BORNEO EXTRAVAGANZA

By Administrator  Kamis, 28 November 2019 10:07:42 WIB - dibaca 121 kali


Provinsi Kalimantan Barat memiliki keragaman potensi wisata yang merupakan asset untuk mendukung pembangunan daerah. Demikian pula keaslian kekayaan budaya nusantara yang meliputi upacara adat, tari-tarian, pakaian daerah, makanan khas, bahasa dan cinderamata. Potensi tersebut sudah selayaknya diperkenalkan kepada seluruh dunia agar potensi wisata dan kebudayaan bangsa Indonesia dapat lebih dikenal lagi. Sebagai bagian dari bangsa Indonesia yang dianugerahi begitu banyak potensi wisata, Kalimantan Barat juga memiliki potensi wisata yang tidak kalah menarik jika dibandingkan dengan daerah-daerah lain yang ada di Indonesia. Namun dalam hal kepariwisataan, Kalimantan Barat masih belum terlalu dikenal oleh masyarakat luas. Untuk maksud tersebut diperlukan upaya promosi yang lebih baik dan tepat sasaran.

Pada tahun 2019 ini, Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Barat melalui program pemasaran dan promosi pariwisata kegiatan promosi pariwisata luar Provinsi Kalimantan Barat, berencana akan mengikuti pameran “Borneo Extravaganza” yang akan diselenggarakan di Provinsi Bali pada bulan Agustus 2019.

Alasan memilih Bali sebagai daerah tujuan pemasaran dan promosi pariwisata Kalbar adalah menindaklanjuti surat kemenpar RI yang menyelenggarakan pameran se-Kalimantan yaitu Kalbar, Kalsel, Kaltim, Kalteng dan Kaltara dalam rangka mempromosikan potensi pariwisata Kalimantan dalam mendukung Pesona Indonesia untuk memenuhi target kunjungan Wisman dan Wisnus.

Tujuan Kegiatan

Adapun tujuan kegiatan ini selain menyediakan suatu sarana promosi pariwisata, kebudayaan dan ekonomi kreatif di Kalimantan, memberi motivasi bagi para pelaku usaha pariwisata (dalam hal ini PHRI, ASITA dan UKM se Kalimantan), juga menciptakan suatu wadah pengembangan dan pelestarian seni budaya nusantara agar lebih dikenal oleh masyarakat luas terutama generasi muda sebagai generasi penerus bangsa.

  • Uraian Kegiatan dan Keluaran
  1. Kegiatan
  • Display pariwisata yang menyediakan informasi pariwisata dan kebudayaan Kalimantan Barat dalam bentuk audiovisual maupun brosur dan leaflet-leaflet. Pengunjung bisa memperoleh pula informasi secara langsung dari interaksi dengan para pramustand. Informasi yang disediakan meliputi informasi obyek wisata, penyebaran paket wisata (paket tour), informasi budaya, transportasi, akomodasi, peta sebaran destinasi wisata dan sebagainya.
  • Menyediakan dan menjual produk-produk ekonomi kreatif Kalimantan Barat seperti handicraft (kerajinan tangan), pakaian adat, batik, songket, kain cual, makanan dan minuman khas dengan melibatkan pengrajin secara langsung.
  • Memberikan hiburan kepada pengunjung pameran dengan atraksi budaya dan kesenian khas.
  1. Keluaran

Keluaran kegiatan ini antara lain keikutsertaan/partisipasi dalam Pameran/event Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dari awal hingga akhir kegiatan.

'