Medali Emas Pertama Kalbar di PON XXI, Pemprov Kalbar dan KONI Siapkan Bonus

PONTIANAK, SP - Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) berhasil meraih medali emas pertama dalam gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut pada Selasa (9/9/2024).

Cabang Olahraga (Cabor) Hapkido di kelas 63 kilogram mampu mempersembahkan medali emas pertama bagi Kalbar dalam perhelatan PON ke XXI. Devi Safitri mampu mengkandaskan atlet asal Provinsi Sulawesi Utara dibabak final dengan skor 13-10. Hasil ini sekaligus melunaskan hutang Devi pada gelaran Pra PON lalu lantaran dikalahkan oleh atlet yang sama. Bermain di Gedung KONI Aceh, Devi Safitri menyebut pertandingan yang dijalani sangat seru dan mendebarkan. Lantaran poinnya kejar-kejaran, namun baginya kunci kemenangan adalah bermain tenang. Sebab jika bermain terburu-buru akan menyulitkannya dalam mengatur ritme nafas.

"Takutnya nafas bisa habis di akhir pertandingan. Di Pra PON kemarin saya kalah di babak penyisihan lawan atlet ini. Saya bersukur bisa membayar kekalahan kemarin dengan memberikan medali emas pertama bagi Kalbar," ungkap Devi.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kalbar Windy Prihastari mengungkapkan rasa haru Devi mampu mempersembahkan emas untuk Kalbar di PON XXI Aceh-Sumut. Di Gedung KONI Aceh, Windy pun mengalungkan medali emas kepada Devi atas prestasi yang berhasil ditorehkannya bagi Kalbar. Dalam momentum itu, Windy pun tidak mampu menahan air matanya karena haru dengan perjuangan Devi yang sangat gigih untuk dapat meraih medali emas. Ia berharap prestasi yang berhasil ditorehkan Devi dapat memacu semangat atlet-atlet Kalbar lain yang tengah berlaga di PON XXI Aceh-Sumut.

"Kita ucapkan terima kasih kepada Devi karena sudah membawa harum nama Kalbar, ini emas pertama untuk Kalbar dicabang Hapkido, kita harapkan ini menambah semangat dan prestasi atlet Kalbar lainnya," ungkap Windy.

Atas prestasi yang berhasil ditorehkan Devi dalam gelaran PON XXI Aceh-Sumut, Windy memastikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar telah mempersiapkan bonus. Bahkan menurutnya bonus telah dipersiapkan jauh sebelum penyelenggaraan PON bagi atlet berprestasi sesuai aturan yang berlaku.

"Bonus kami sudah mempersiapkan untuk atlet-atlet yang berprestasi dan mendapatkan medali sesuai aturan yang berlaku, memang sebelum penyelenggaraan PON sudah kami persiapkan untuk bonus mereka," jelas Windy. (din) 

sumber : https://www.suarapemredkalbar.com/read/potret/10092024/medali-emas-pertama-kalbar-di-pon-xxi-pemprov-kalbar-dan-koni-siapkan-bonus

11 September 2024