Windy Ikut Ritual Buang-buang di Muara Mempawah

Pemprov Kucurkan Dukungan Event Untuk Robo-Robo

MEMPAWAH - Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kalimantan Barat (Kalbar) Windy Prihastari mewakili Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar menghadiri festival atau upacara robo-robo di Kabupaten Mempawah, Rabu (4/9) pagi. Dalam kesempatan itu, Windy ikut berlayar menggunakan kapal menuju muara kuala Mempawah tempat acara berlangsung.

Rangkaian robo-robo sendiri dimulai dengan ritual buang-buang, dan pembacaan doa yang dipimpin oleh Raja XIII Mempawah Pangeran Ratu Mulawangsa Mardan Adijaya Kesuma Ibrahim, dari atas kapal. Tradisi masyarakat Kabupaten Mempawah ini, merupakan salah satu event budaya yang cukup terkenal di Kalbar. Bahkan Festival Robo-Robo masuk dalam agenda tetap pada Calender Of Event (Ceo) Kalbar.

"Festival robo-robo ini merupakan (masuk) salah satu kalender event Kalbar, dan selalu setiap tahun kami (Pemprov) dukung dengan memberikan bantuan dukungan event untuk pelaksanaan kegiatan," ungkap Windy.

Untuk Festival Robo-robo tahun ini, Windy menyebutkan, Pemprov Kalbar telah memberikan bantuan sebesar Rp100 juta. Ia menambahkan, robo-robo merupakan salah satu festival di Kalbar yang menjadi unggulan dalam Ceo Kalbar. "Semoga saja dengan secara terus menerus dilaksanakan, dan kami (Pemprov) membantu dalam pelaksanaan event ini, event ini ke depan bisa masuk dalam Kharisma Event Nusantara (tingkat nasional)," harapnya.

Windy yang juga selaku Penjabat (Pj) Ketua TP-PKK Kalbar itu menilai, tradisi robo-robo menjadi budaya masyarakat Kalbar, khususnya Kabupaten Mempawah yang memang harus terus dilestarikan. Ia pun berharap generasi muda Kalbar bisa mengetahui, dan mau ikut serta melestarikan budaya leluhur yang telah dilaksanakan sejak zaman dahulu itu. "Karena mereka (generasi muda) yang akan melanjutkan dalam melestarikannya. Spesial pada tahun ini adanya pemuda pertukaran budaya dari Italia, dan Jepang yang mana langsung datang ke sini untuk melihat Festival Robo-Robo ini. Kami berharap festival ini bisa membangkitkan ekonomi kreatif (ekraf) masyarakat Kalbar, terutama di Kabupaten Mempawah," pungkasnya.(bar)

sumber : https://pontianakpost.jawapos.com/metropolis/amp/1465052228/windy-ikut-ritual-buang-buang-di-muara-mempawah

06 September 2024